Tuesday 7 August 2012

Beringin Raksasa Berusia Ratusan Tahun Tumbang

Sebuah pohon beringin raksasa yang telah berumur ratusan tahun di Pura Pucak Luhur Gunung Kutul, Desa Kutul, Pucaksari, Busungbiu, Buleleng tumbang dan menimpa sebuah bale pemiosan (sebuah tempat khusus untuk pendeta yang akan memimpin upacara).

Pohon tersebut tumbang setelah sebelumnya angin kencang menimpa desa tersebut secara terus menerus.

Salah seorang tokoh masyarakat, Ketut Widana kepada Beritabali.com, menyatakan, pohon raksasa yang berdiameter sekitar tujuh meter dengan ketinggian sekitar 30 meter ini tumbang sekitar pukul 03.00 dinihari, Jumat (15/1). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Diperkirakan pohon beringin tersebut tumbang sekitar pukul 03.00 dinihari tadi, karena saat itu saya masih terbangun dan suara dentuman benda jatuh sangat keras terdengar," ujar Ketut Widana.

Sambung Ketut, usia pohon beringin ini sudah sangat tua, dan diperkirakan sudah berumur ratusan tahun.

"Sebelum desa kutul ini ada atau ditemukan pada tahun 1806, pohon beringin itu sudah berdiri kokoh," ujar wakil kepala sekolah negeri di Busungbiu ini.

Hingga berita ini dionlinekan, saat ini warga setempat sedang melakukan upacara 'guru piduka' dengan tujuan untuk mohon pengampunan akibat musibah yang telah terjadi. (sas)

0 comments:

Post a Comment